Peralatan dan Bahan Utama dalam pembuatan Kue

29/12/2015 00:41

Peralatan utama yang di butuhkan dalam pembuatan kue adalah :

  • Loyang

Pilihlah yang lebar dan datar dengan dinding penggerak minimal setinggi 1 cm. Jika menggunakan beberapa loyang karena kue kering yang dibuat cukup banyak. usahakan dari jenis bahan yang sama agar hasil panggangan tidak berbeda-beda. jangan gunakan loyang berkarat.

  • Cetakan

Cetakan terbuat dari bermacam-macam bahan. Pilihlah yang berkualitas baik, tebal dan kokoh agar tidak mudah berubah bentuk, juga berkarat. Bila tidak ada, gunakanlah alat seadanya seperti sendok garpu, pisau, tutup gelas, dan tutup botol bergerigi. Untuk membentuk kue kering seperti bunga, mau tak mau harus menggunakan alat penyemprot.

  • Timbangan dan sendok takaran

Bersihkan dan keringkan setiap kali habis pakai. Sebaiknya gunakan timbangan dan sendok takaran yang itu-itu juga agar kualitas kue selalu sama meski waktu membuatnya berbeda. pilih yang akurat.

Bahan – bahan utama dalam pembuatan kue adalah :

  • Tepung

tepung yang paling umum di gunakan dalam membuat kue kering/cookies adalah tepung terigu/gandum, dan tepung terigu yang paling bagus adalah tepung terigu yang berprotein rendah. Tepung ini dapat di beli dengan mudah di setiap supermarket besar atau kecil, biasanya di jual /pack (1 kg atau 1/2 kg). Selalu pastikan tepung dalam keadaan kering dan suhunya sama dengan suhu ruangan, kalau tepung baru di keluarkan dari kulkas, lebih baik di jemur atau di sangrai sebentar sebelum digunakan untuk membuat adon

  • Telur

Umumnya yang digunakan hanya kuning telur. Penambahan kuning telur dalam adonan kue kering menjadikan kue empuk dan renyah. Sementara semakin banyak putih telur menjadikan kue kering dan keras. Disamping dicampur dalam adonan, kuning telur juga biasa dioleskan pada adonan kue agar kue kering mengkilap.

  • Mentega / margarine

Mentega dan margarin adalah dua bahan yang serupa, tetapi jelas berbeda. Mentega atau butter terbuat daru lemak hewan. Biasanya mentega yang di gunakan untuk membuat kue kering adalah mentega tawar karena rasanya tidak akan mempengaruhi rasa kue kering secara keseluruhan. Mentega ini dapat di temukan di pasaran.

Back

Contact

© 2015 All rights reserved.

Make a free websiteWebnode